Selasa, 01 Desember 2009

CENSORED!

mau ngomongin apa dah lu sa?



ngomongin sensor film



penting gitu? emang hollywood ada sensor?


ga. UNCENSORED semua. ga deng. ada.




iya jadi tuh mau negara sebebas Amerika aja tetep punya sensor2an film. mereka juga punya sistem rating. iya dah jelasin sip

tahun 1922, studio2 dan distributor2 film besar hollywood ngebuat The Motion Picture Producers and Distributors of America (MPPDA) yg dipimpin sama Will H. Hays. nah di 1930, ada yg namanya Kode Hays tapi itu bukan sistem rating melainkan apa yg boleh atau tidak boleh di suatu film. kalo ada yg parah-parah,itu bisa dipotong habis ama 'Pisau Sensor'. kalo si filmmaker nolak filmnya disensor, filmnya gaboleh ditayangin di bioskop-bioskop. bisa bertahun2 fi tahan kayak film The Outlaw (1943).

kalo lulus sensor, tapi diubah lagi filmnya? ketauan ya denda 25.500 US$. makanya jangan macem-maceemm

ternyata, Kode Hays ini lumayan ngerepotin. pas PCA dibawah kekuasaannya Joseph I. Breen, banyak yang ngerilis film tanpa sensor kayak filmnya Alfred Hitchcock's Pyscho, Blowup (1966), Some Like It Hot (1959), dll karena ketatnya sistem sensor. akhirnya tahun 1968, kode Hays udah ga ada lagi.

pas pimpinannya Jack Valenti (1966-2004) namanya diubah jadi The Motion Picture Association of America (MPAA). nah sama dia diganti deh tuh kode hays jadi ke sistem rating. klasifikasi film terdiri dari G, PG,PG-13, R, NC-17. ini dia artinyaaaaa:




Rating G (General Audiences): film rating ini terbuka untuk semua. ga ada satupun konten dewasanya.kalopun ada konten kekerasan, itu minimal banget. aman dah aman


con. film: Finding Nemo, Charlotte's web













Rating PG (Parental Guidance suggested): yg ini, disarankan orang tua nonton dulu sebelum ankanya nonton.kenapa? soalnya ada beberapa konten yg ga pantes buat ditonton anak-anak dan ada sedikit adegan kekerasan, humor kasar, atau kata-kata ga senonoh.



con. film: Madagascar 1 and 2, Bedtime Stories




Rating PG-13 (Parents strongly cautioned): mirip2 sama PG cuma, dia adegan kurang pantasnya lebih banyak dan kuat. ada beberapa yg ga boleh ditontom sama anak umur 13 tahun kebawah.



con. film: The Incredible, The Dark Knight, Mamma Mia, Twilight










Rating R (Restricted): nah yg ini neh yang di gaboleh buat anak kurang dari 17 Tahun umurnya. banyak adegan yg ga pantes diliat anak-anak dibawah umur 17 alias banyak konten dewasa! boleh nonton, asal ditemenin orangtua. biasanya film rating R, pas masuk ke Indonesia di sensor abis-abisan

on. Film: Saw, American Pie, Defiance








Rating NC-17 (No one 17 and Under Admitted): yang paling tinggi, yang paling parah, yang paling banyak adegan sensornya yaini. si NC-17 atu. lebih kuat adegan dewasanya daripada yg R. makanya, untuk umur dibawah 17, DILARANG KERAS nonton film rating ini.
con.film: 100 Tears, A dirty Shame, This Film Is Not Yet Rated, dan Last Tango In Paris







cara nilainya? ada yg namanya the Classification and Rating Administration (CARA).nilainya berdasarkan apa yg ortu kira2 ijinin anak-anaknya buat menonton sebuah film. diantaranya kayak narkoba, kekerasan, kuatnya adegan seks di film tersebut. dari situ, bisa tau film tersebut di rating apa cocoknya. sbenernya bisa aja filmyg g adi rating tetepmasuk bioskop, cuma nanti ada pemberitahuannya kalo film tersebut ga di rating sama MPAA.



rating juga bukan penentu bagus apa engganya sebuah film. tujuannya cuma untuk ngelindungin anak-anak dan remaja dan ngasih pertimbangankira2filmyg mau ditonton cocok di tonton ga sama anak-anak.


gini, kan kalo dipikir2, film rating R lebih banyak yg mau nonton daripada film NC-17. nah sutradara Kevin Smith mengajukan banding ke The Rating Appeals Board (RAB). dia pengen filmnya, yaitu Zack and Miri make a Porno diubah ratingnya dari NC-17 ke R. setelah ngeluarin beberapa alasan, akhirnya dibuahlah jadi ke rating R. posternya pun di ubah!




dari gini...











jadi gini...






nah gitu tuh hehehe
udah segitu aja ya. capek juga ngomongin ini. tapi seneng wekekek

wanna know about MPAA, try this http://www.mpaa.org
mulai sekarang nonton film hati-hati ye hehehe

1 komentar:

 

Blog Template by YummyLolly.com